Soal dan Kunci Jawaban Fikih Sirah

1. i. Memahami kepribadian Rasulullah dengan cara mempelajari kehidupan serta situasi & kondisi di masa beliau hidup
ii. Mencermati pelbagai peristiwa sejarah yang Rasulullah dan para sahabat alami mulai dari lahirnya beliau, pengasuhannya, tumbuh besarnya,   pernikahannya, diangkatnya sebagai nabi , hijrahnya hingga wafatnya.
iii. Agar setiap muslim menemukan potret ideal yang bisa diteladani dalam menjalani kehidupan
iv. Jalan untuk memahami Kitabullah sehingga kita bisa merasakan semangat dan maknanya
v. meriwayatkan aneka kisah dan kejadian yang dianggap orisinil

Yang termasuk nilai penting sirah nabi untuk memahami Islam adalah:

  • i & iii
  • i, iii, & v
  • ii & iv
  • i, ii, & iii

2. Ilmu periwayatan kejadian bersejarah telah dimiliki bangsa Arab dan kaum Muslim sebagai metodologi ilmiah yang cermat untuk mempelajari berbagai peristiwa dan membedakan antara yang valid dan yang tidak valid. Metodologi ini tidak dimiliki selain mereka. Hanya saja, mereka tidak mungkin menciptakan metodologi ini dan menerapkannya dalam buku-buku sejarah jika bukan karena Sîrah Nabi Saw. yang sudah dianggap sebagai kebutuhan pokok agama. Metode ilmiah yang dimaksud di antaranya adalah:

  • Metode Maqarin
  • Metode Jarh wat Ta’dil
  • Metode Ijmali
  • Metode Maudhu’i

3. i. Masyarakat Arab menganut berbagai keyakinan yang amat sesat, mereka memiliki kebejatan moral yang sangat sulit diobati dan susah diarahkan ke jalan yang benar.
ii. lingkungan diutusnya Nabi Saw. adalah lingkungan masyarakat yang tunaaksara pula jika dibandingkan dengan bangsa-bangsa lain di sekitarnya;
iii. lingkungan yang sama sekali belum terpengaruh segala peradaban di sekelilingnya, dan cara berpikirnya sama sekali belum menganut aneka fifilsafat rumit yang berkembang di lingkungan sekitarnya.
iv. Letak geografifis Jazirah Arab memudahkan kawasan ini untuk memikul beban dakwah seperti ini, karena ia terletak di titik tengah bangsa-bangsa yang lain

Menurut analisis penulis, mana sajakah yang merupakan hikmah paling tepat dari diutusnya Rasulullah di tengah masyarakat Arab?

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • pilihan jawaban tidak ada yang benar

4. Nabi SAW mengalami peristiwa “pembelahan dada” pertama kali ketika berada dalam pengasuhan:

  • Aminah binti Wahb
  • Halimah binti Abu Dzuaib
  • Abdul Muthalib
  • Abu Thalib

5. i. untuk menghormati ayah dan kakek Rasulullah supaya tidak kikuk jika harus mengikuti ajaran anak dan cucunya
ii. sehingga tidak ada celah bagi pembela kebatilan menyusupkan keraguan pada hati manusia bahwa beliau menikmati keberhasilan dakwah karena bimbingan ayah dan kakeknya
iii. supaya gugur sangkaan bahwa Sang Nabi menuntut warisan leluhurnya
iv. Supaya Rasulullah tumbuh kembang dalam pemeliharaan Allah
v. Supaya Rasulullah nantinya mengasihi anak-anak yatim.

Hikmah dari wafatnya ayah, ibu, dan kakek Sang Nabi sejak dini yang disampaikan penulis dalam petikan pelajaran nasab, kelahiran dan penyusuan Nabi SAW di antaranya adalah:

  • i & iii
  • iii, & v
  • ii & iv
  • i, ii, & iii

6. Petikan pelajaran utama dari pernikahan Rasulullah dan Sayyidah Khadijah ra yang disimpulkan penulis adalah:

  • Rasulullah tidak mementingkan faktor kenikmatan dan kesempurnaan jasmani sebagaimana halnya pemuda sebaya lainnya
  • Pernikahannya terbukti mendukung dakwah ketika beliau diangkat sebagai Nabi
  • Sayyidah Khadijah adalah penolong Rasulullah di masa semua orang mendustakan risalahnya
  • Kecintaan Rasulullah kepada Khadijah abadi meski Sayyidah Khadijah telah mendahuluinya pergi ke Haribaan Allah SWT

7. Ketika terjadi perselisihan antar suku untuk meletakkan Hajar Aswad ke tempat semula, para perwakilan suku mengikuti usulan Rasulullah karena mereka tahu beliau adalah:

  • al hasyir dan al aqib
  • al basyir dan an nazhir
  • al munir dan al mursal
  • al amin dan al mahbub

8. Menurut penulis, dalam riwayat yang kuat diketahui bahwa Ka’bah dibangun dan direnovasi sebanyak empat kali. Urutannya yaitu:

  • Nabi Adam, Nabi Syits, Quraisy pra Islam, Harun ar Rasyid
  • Nabi Adam, Nabi Ibrahim, Quraisy pra Islam, Ibnu Az Zubair, Al Hajjaj
  • Nabi Ibrahim, Quraisy pra Islam, Ibnu Az Zubair, Al Hajjaj
  • Nabi Ibrahim, Quraisy pra Islam, Al Hajjaj, Harun Ar Rasyid

9. Seorang Muslim tidak sempurna keislamannya, meskipun dia telah menghiasi diri dengan berbagai ibadah, sebelum melakukan kegiatan:
i. menyendiri selama beberapa lama untuk menghisab diri
ii. mempelajari rumus-rumus matematika dan aljabar
iii. memikirkan fenomena alam berikut bukti-bukti keagungan Allah
iv. berkhalwat sepenuhnya berpaling dari manusia lalu menjadikan gua-gua dan gunung-gunung sebagai tempat tinggal

Pilihan yang paling tepat guna melengkapi pernyataan di atas adalah:

  • i, iii
  • ii, iv
  • i, ii, iii
  • iv

10. Menurut Syekh Ramadan al Buti, pendapat paling kuat tentang masa jeda antara wahyu pertama dan wahyu kedua terjadi selama:

  • paling lama sepuluh hari saja
  • dua tahun
  • tiga tahun
  • 6 bulan 

11. Pelajaran penting dari tahapan dakwah sang Nabi bagi para juru dakwah dewasa ini adalah:
i. agar kita selalu membuat perencanaan yang matang dan mengambil langkah-langkah yang praktis dan efektif
ii agar kita mempersiapkan secara cermat berbagai sarana yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan.
iii. agar kita tidak menafikan sikap tawakal kepada Allah
iv. agar senantiasa bersikap tidak kaku dalam menyampaikan dakwah

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • semua jawaban benar

12. Mengapa Nabi Saw. dan para sahabat harus menderita akibat penyiksaan, padahal mereka adalah pihak yang benar? Yang bukan merupakan jawaban yang disampaikan penulis adalah

  • karakteristik pertama manusia di dunia ini adalah bahwa dia mukalaf
  • pembuktian kebenaran ucapan orang yang jujur dan kebohongan para pendusta
  • karakter taklif yang bersumber dari karakter penghambaan
  • Prinsip-prinsip Islam adalah garis dan ketentuan yang mengatur gerak zaman, bukan sebaliknya

13. Kaum jahiliyah Quraisy mengirim cerdik pandai untuk membujuk supaya Nabi Muhammad kembali kepada apa yang diyakini nenek moyang mereka. Setelah menyampaikan apa yang ingin disampaikan, gantian Rasulullah yang menyampaikan apa yang beliau sampaikan. Nama surat yang beliau bacakan kepada utusan tersebut hingga si utusan berusaha membungkam mulut mulia Rasulullah adalah:

  • Al Fushilat
  • Al Mukminun
  • At Taubah
  • Al Kafirun

14. Yang tidak termasuk lima orang pemuka Quraisy membatalkan perjanjian dan menghentikan boikot ekonomi kepada Rasulullah, kaum muslimin, Bani Hasyim, dan Bani Abdul Muthalib adalah:

  • Al-Muth‘im bin Adiyy & Abu AlBukhturi bin Hisyam
  • Hisyam bin Amr bin Al-Harits & Zuhair bin Umayyah,
  • Hisyam bin Amr bin Al-Harits & Hakim ibn Hizam
  • Al-Muth‘im bin Adiyy & Zam‘ah bin Al-Aswad

15. Yang tidak termasuk hikmah dari datangnya utusan pertama yang menemui Rasulullah yaitu sejumlah kaum kristiani Abisinia seperti dijelaskan oleh penulis adalah:

  • kesulitan yang dialami para juru dakwah Islam sesungguhnya tidak berarti kegagalan
  • kesulitan yang dialami para juru dakwah tak sepatutnya dijadikan alasan untuk menjadi lemah, rendah diri, apalagi berputus asa
  • berimannya para utusan kepada risalah yang dibawa Rasulullah  adalah kelanjutan dari hakikat iman kepada Isa a.s. dan Kitab Suci yang diturunkan kepadanya
  • Para utusan tidak menganggap orang yang mengecam mereka sebagai pihak yang bodoh melainkan mereka tidak mau menyia-nyiakan kebaikan

16. Ketika menjelaskan peristiwa amul huzni, penulis membahas tentang makna ishmah. Dalam pembahasan tersebut, beliau membahas ishmah sebagai:
i) penjagaan (al-‘ishmah) dari manusia berarti beliau terhindar dari kebutuhan muamalah dengan manusia di bidang ekonomi seperti gadai dan hutang piutang
ii)penjagaan (al-‘ishmah) dari manusia bukan berarti beliau tidak mengalami intimidasi, siksaan, atau penindasan yang dilakukan musuh-musuhnya
iii) penjagaan (al-‘ishmah) dari manusia berarti beliau terhindar dari perbuatan aniaya dan zalim kepada orang lain
iv) penjagaan (al-‘ishmah) dari manusia berarti penjagaan dari pembunuhan atau segala kesulitan dan permusuhan yang menyebabkan terhentinya dakwah Islam

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • iv saja

17. Isilah titik-titik berikut terkait detail peristiwa yang dibahas di bab Rasulullah Mengunjungi Thaif
i. sahabat yang menemani Rasulullah adalah….
ii. Rasulullah bersembunyi di kebun miliki….
iii. Di kebun tersebut Rasulullah ditemui oleh…. seorang kristiani dari…..
iv. Rasulullah pulang kembali ke Mekkah setelah mendapat suaka dari:

  • Zaid bin Haritsah; Utbah bin Rabiah; Addas: Niniweh; Muth‘im bin Adiyy
  • Zaid bi Tsabit; Syaibah bin Rabi’ah; Adidas; Kapadokya; Mukhayriq
  • Zaid bin Khattab, Syaibah bin Rabi’ah, Addas; Sumeria; Mukhayriq
  • Zaid bin Haritsah; Utbah bin Rabiah; Addas: Niniweh; Shafwan bin Umayyah

18. Yang merupakan hikmah Isra Mikraj seperti dijelaskan penulis adalah:

  • untuk menghapus kesedihan Rasulullah atas wafatnya Abu Thalib dan Sayyidah Khadijah
  • menegaskan bahwa isra mikraj adalah salah satu mukjizat Rasulullah yang paling jelas
  • isra mikraj merupakan sarana di mana Rasulullah menerima perintah salat
  • melihat hukuman yang akan diterima orang-orang yang ingkar di neraka sebagai peringatan untuk umatnya

19. i) Dakwah Rasulullah bersifat universal
ii) Penduduk Madinah merindukan perdaiaman dan berharap agama ini akan menghadirkan itu ke masyarakatnya
iii) keimanan peserta baiat aqabah pertama tak sekedar syahadat belaka melainkan juga diikuti kewajiban menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya
iv) peserta baiat aqabah pertama tidak hanya menikmati ini untuk mereka dan keluarganya melainkan mereka menyampaikan agama ini kepada masyarakat Madinah lainnya

Yang termasuk dari hikmah baiat Aqabah pertama seperti dijelaskan penulis adalah:

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • iv saja

20. Yang bukan kelompok hijrah sahabat yang tiba di Madinah di masa-masa awal adalah:

  • Umar bin Khattab & Mushab bin Umair
  • Usman bin Talhah & Amr bin Ash
  •  Amir bin Rabiah  & Layla binti Abu Hasymah
  • Abu Salamah bin Abdul Asad

21. i) Memastikan suplai susu untuk Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar ketika beristirahat di Gua Tsur
ii) mengaburkan jejak langkah Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar
iii) Mengirimkan daging untuk makanan Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar
iv) Menunjukkan jalan alternatif menuju madinah

Yang termasuk peran Amir bin Fahirah dalam hijrah Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakar adalah:

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • semua pilihan benar

22. Dari penjelasan tentang “Pilar Pertama, Pembangunan Masjid” dapat kita ketahui bahwasanya masjid membantu masyarakat muslim meraih kekuatan karena:
i) masjid adalah sumber spiritual di mana sistem, akidah, dan etika ditanamkan di sana
ii) masjid memfasilitasi pertemuan antar kaum muslimin di mana mereka dapat berjumpa satu sama lain tanpa ada sekat kelas sosial, kekayaan, dan kedudukan
iii) persamaan dan keadilan di tengah masyarakat ditanamkan melalui masjid karena di masjid kaum muslimin rukuk dan sujud dalam ruang penghambaan kepada Allah Yang Mahamulia
iv) Diperbolehkannya membongkar kuburan dan menggunakan tanahnya yang telah diratakan dan dibersihkan untuk masjid
Di antara pilihan tersebut, jawaban yang paling tepat mengisi titik-titik di atas adalah:

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • semua pilihan benar

23. Setibanya di Madinah, Rasulullah segera membangun persaudaraan antar kaum muslimin. Beliau mempersaudarakan sahabat muhajirin dengan sahabat anshar. Pasangan sahabat yang tidak tepat di bawah ini adalah:

  • Ja‘far bin Abi Thalib dipersaudarakan dengan Muadz bin Jabal
  • Hamzah bin Abdul Muthalib dengan Zaid bin Haritsah,
  • Abu Bakar Al-Shiddiq dengan Kharijah bin Zuhair,
  • Umar bin Khaththab dengan Sa‘d bin Al-Rabi’

24. Dalam banyak kitab sirah disebutkan, ketika Rasulullah berhenti di sebuah tempat di dekat Badar, beliau dan seorang sahabat menaiki tunggangannya lalu bertemu seorang laki-laki tua. Rasulullah menanyakan berbagai hal yang didengarnya mengenai orang Quraisy dan Muhammad beserta para sahabatnya. Laki-laki itu menjawab, “Aku tidak akan mengatakan apa pun sampai kalian memberitahuku, kalian dari pihak siapa?” Rasulullah berkata, “Jika kau mau memberitahu, kami pasti akan mengatakan kami dari pihak siapa.” Laki-laki itu menyahut, “Haruskah informasi dibalas informasi?” “Ya.” Orang tua itu memberi tahu beliau apa yang diketahuinya tentang kaum musyrik, juga semua yang didengarnya tentang Muhammad. Lalu ia bertanya, “Jadi, dari pihak mana kalian berasal?” “Kami dari ….,” jawab Rasulullah sambil bergegas pergi.

Orang tua itu spontan berkata pada dirinya sendiri, “Dari …..mana mereka? Apakah dari ……Irak?

Jawaban yang cocok mengisi titik-titik di atas adalah:

  • sumur
  • mata air
  • desa
  • kebun kurma

25. Yang bukan menjadi sebab pecahnya Perang Bani Qainuqa adalah:

  • Pengkhianatan bangsa Yahudi
  • kedengkian kaum yahudi kepada kaum muslimin pasca kemenangan Badar
  • terbunuhnya seorang Muslim yang membela kehormatan wanita muslim yang dicela pedagang Yahudi
  • sekongkolnya Yahudi Qainuqa dengan kaum munafik Madinah

26. Ayat suci al-Qur’an yang berbunyi : Tidakkah engkau memperhatikan orang-orang yang diberi bagian dari Kitab? Mereka percaya kepada jibt dan thaghut, dan mengatakan kepada orang-orang kafir (musyrik Mekkah) bahwa mereka itu lebih benar jalannya daripada orang-orang yang beriman. Mereka itulah orang-orang yang dilaknat Allah. Dan siapa saja yang dilaknat Allah, niscaya engkau tidak akan mendapatkan penolong baginya (QS An-Nisa’ (4): 51-52), menjelaskan tentang kesepakatan antara kedua pihak untuk bersama-sama memerangi Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam dan waktu penyerangannya. Pada peristiwa apakah mereka bersepakat sehingga meletuskan sebuah perang dan perang apakah yang dimaksud dalam peristiwa tersebut? (hal. 388)

  • Perang Uhud
  • Perang Khandaq
  • Perang Tabuk
  • Perang Mutah 

27. Setiba di Madinah, pasukan musyrik dikejutkan oleh parit. Mereka mengakui bahwa pembuatan parit adalah strategi perang yang tidak pernah dipakai bangsa Arab sebelumnya. Mereka akhirnya membuat markas di sekeliling parit, mengepung pasukan Muslim. Tidak ada kontak senjata yang terjadi. Namun ada beberapa prajurit musyrik yang mencoba menerobos bagian tersempit parit dan mereka selalu gagal karena langsung dihadang pasukan Muslim. Sebagian dari mereka terbunuh dan sebagian lagi kembali ke markasnya. Di antara prajurit musyrik yang terbunuh waktu itu adalah.. (hal. 392)

  • Huyay bin Akhthab
  • Ka’b bin Asad
  • Amr bin Wudd
  • Nu’aim bin Mas’ud

28. Pelajaran yang sangat penting bagi kita dari Rasulullah Saw. dan para sahabat yang diperlihatkan dalam proses penggalian parit. Peristiwa tersebut menjelaskan kepada kita hakikat persamaan di antara seluruh individu yang diterapkan dalam masyarakat Islam. Berikut ini merupakan pernyataan yang tepat berkaitan dengan keadilan dan persamaan dalam Islam, kecuali.. (398)

  • Dua landasan perbuatan yang memancarkan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Islam universal, baik di luar maupun di dalam.
  • Dalam agama Islam, sumber keadilan dan persamaan adalah penghambaan kepada Allah.
  • Keadilan dan persamaan dalam pandangan Islam seharusnya mampu menghiasi tubuh masyarakat dan diletakkan dalam bingkai indah yang menarik mata.
  • Kedalaman cinta dan kasih sayang Rasulullah Saw. kepada para sahabat, serta model lain dari mukjizat-mukjizat yang dikaruniakan Allah kepada Nabi-Nya.

29. Apa hikmah di balik ajakan Rasulullah Saw. kepada beberapa sahabat untuk berdiskusi tentang kemungkinan menawarkan perjanjian damai pada Bani Ghathfan supaya mereka menarik dukungannya dari pihak Quraisy dan berhenti memerangi pihak Muslim, dengan imbalan sepertiga hasil pertanian Madinah? (402)

  • Ide beliau membawa ketentuan hukum kaum Muslim boleh menyerahkan rumah mereka ke tangan musuh yang menyerang dan menang, atau menguasakan sebagian tanah atau hasil panen ke tangan mereka.
  • Rasulullah Saw. sebenarnya hanya ingin mengetahui seberapa besar kekuatan spiritual dan kepasrahan para sahabat atas pertolongan Allah.
  • Perjanjian akhirnya disetujui dan ditandatangani dengan Bani Ghathfan.
  • Bani Ghathfan wajib membayar jizyah (upeti) kepada kaum Muslim

30. Keyakinan kaum Yahudi akan kenabian Muhammad Saw. dari ucapan Ka’b bin Asad teman-teman Yahudinya membuktikan bahwa mereka sebenarnya telah meyakini kenabian Muhammad dan benar-benar mengetahui penegasan Taurat tentangnya, tanda-tanda kemunculannya, dan pengutusannya. Namun, mereka menolak mengakui semua itu. Di bawah ini, manakah yang merupakan penyebab seseorang tidak mau menerima hakikat Islam meski sebenarnya mereka mengetahuinya, kecuali.. (414)

  • Karena hati mereka diperbudak fanatisme dan keangkuhan
  • Mereka tidak mendengar Islam secara benar, hanya mendengarnya secara sepintas dan dari sumber yang sesat
  • Bisa jadi sudah mengetahui hakikat Islam dan inti ajarannya, tetapi dia mengabaikannya karena menyimpan kedengkian terhadap kaum Muslim atau karena khawatir kehilangan kepentingan pribadinya
  • Mereka ingin mengetahui seberapa jauh Islam akan bertahan dan menguji konsistensi umatnya dalam menjalankan agama

31. Manakah yang merupakan keutamaan Sa’d bin Muadz jika kita merunut pada kisah Perang Bani Quraizah :

  1. Rasulullah Saw. mempercayakan keputusan hukum terkait perkara Bani Quraizhah ke tangannya.
  2. Rasulullah meminta Sa’d bin Mu’adz untuk mencarikan informasi tentang kondisi musuh saat perang.
  3. Rasulullah Saw. memerintahkan kaum Anshar untuk berdiri menyambut kedatangan Sa’d bin Mu’adz yang tengah mengendarai seekor keledai ke arah mereka.
  4. Mengingatkan Ka’b bin Malik yang tidak mengikuti perang tabuk.

Ialah.. (417)

  • 1 dan 3 benar
  • 2 dan 4 benar
  • 1, 2,dan 3 benar
  • Hanya 4 yang benar

32. Pada perjanjian Hudaibiyah, Rasulullah Saw. mengutus Basyar bin Sufyan, seorang musyrik dari kabilah Khuza’ah, untuk memasuki Makkah mencari berita tentang orang-orang Quraisy. Peristiwa tersebut mengindikasikan bahwa seorang Muslim boleh saja meminta bantuan kepada orang musyrik. Manakah dari pernyataan di bawah ini yang bukan termasuk kriteria seorang Muslim dalam hal meminta bantuan kepada orang musyrik.. (441)

  • Orang musyrik yang bersangkutan memang terpercaya dan tidak akan berkhianat atau menipu.
  • Bergantung dari sifat dan kondisi orang yang akan dimintai bantuan.
  • Diperbolehkan dalam urusan mendesak saat berperang.
  • Lebih mengutamakan meminta bantuan dalam hal-hal damai.

33. Bagaimana kita sebagai umat muslim memahami hukum ber-tawasul dan ber-tabarruk dari bekas-bekas Rasulullah Saw? Manakah dari pernyataan di bawah ini yang tepat berkaitan dengan hal tersebut? (444)

  • Hal tersebut harus disandarkan tidak hanya pada kecintaan yang sebatas logika, melainkan harus merembes ke dalam hati dan setiap orang yang merasakannya memiliki karakter yang serupa.  
  • Hukum tabarruk dengan bekas-bekas Rasulullah Saw. itu makruh dan dianjurkan syariat.
  • Tidak begitu banyak hadits sahih yang menuturkan ihwal tabarruk yang dilakukan para sahabat dengan rambut, keringat, air wudhu, ludah, dan gelas yang digunakan Rasulullah Saw.
  • Hukum tabarruk sudah tidak berlaku ketika Rasulullah Saw. mangkat.

34. Langkah Rasulullah Saw. setelah Perjanjian Hudaibiyah ialah ber-tahallul. Hal ini membuktikan bahwa seseorang yang terkepung boleh melakukan tahallul. Apa makna dari tahallul? (453)

  • Membaca doa tahlil
  • Menyembelih kurban dan memangkas rambut
  • Berunding untuk mendapatkan keputusan yang tepat
  • Membentuk lingkaran untuk melindungi diri dari serangan musuh

35. Perang Tabuk merupakan dalil disyariatkannya pengambilan jizyah dari Ahli Kitab. Dengan membayar jizyah, harta dan darah mereka terlindungi. Berikut ini manakah pernyataan yang tepat mengenai perbedaan zakat dan jizyah? Kecuali (600)

  • Mereka yang tunduk pada hukum jizyah dianggap sebagai orang-orang yang tunduk pada hukum-hukum Islam yang berlaku dalam masyarakat Islam
  • Jizyah hampir sama dengan zakat, tetapi zakat dikenakan hanya terhadap kaum Muslimin.
  • Jizyah dilaksanakan berdasarkan ketentuan agama dan ketetapan
  • Mereka yang tunduk terhadap hukum jizyah tetap diperbolehkan melakukan beberapa hukum agama yang berbeda dengan hukum Islam, seperti menenggak minuman keras dan lainnya.

36. Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal penting yang Abu Bakar lakukan selama menjabat sebagai khalifah.. (680)

  • Mempersiapkan dan menjalankan misi pasukan Usamah
  • Abu Bakar berencana menyerang negara-negara Romawi
  • Abu Bakar mempersiapkan pasukan Khalid ke Irak dan mengutus bersamanya Al-Mutsanna bin Haritsah Asy-Syaibani
  • Memperluas bangunan Masjid Nabawi

37. Umar dibaiat sebagai khalifah pada hari yang sama dengan hari mangkatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq r.a. Umar melanjutkan kepemimpinan dengan gaya yang serupa dengan Abu Bakar r.a., baik dalam tindakan, keteguhan dalam berjihad, maupun dalam kesabaran. Allah Swt. telah membuat Islam semakin kukuh lewat tangan Umar. Pada masa diangkatnya Umar sebagai khalifah ini, kebijakan apa yang pertama kali beliau lakukan? (691)

  • Menaklukkan Baitul Maqdis atau Yerusalem
  • Mencopot Khalid bin Walid dari jabatannya kemudian menggantinya dengan Abu Ubaidah r.a.
  • Mengumpulkan khalayak dalam pelaksanaan shalat tarawih
  • Menghadapi pasukan Persia dan Romawi

38. Dalam Perang Tabuk, pasukan Muslimin benar-benar mengorbankan segenap harta dan jiwa mereka untuk membuktikan ketulusan iman mereka kepada Allah dan kecintaan mereka kepada-Nya, sehingga mereka layak memperoleh pertolongan dan bantuan dari-Nya. Allah-lah yang menghujamkan rasa takut ke dalam hati musuh-musuh kaum Muslimin, sehingga mereka terpecah belah dan berujung pada ketundukan terhadap hukum Allah. Selain itu ada banyak lagi pelajaran yang bisa dipetik dari perang ini. Manakah pernyataan di bawah ini yang tidak termasuk ke dalamnya? (592)

  • Pentingnya jihad dengan harta, tidak cukup hanya dengan berangkat ke medan perang.
  • Perang Tabuk merupakan peristiwa yang membuktikan perbedaan antara kaum mukmin dan munafik
  • Berbahayanya kemunafikan dan betapa berbahayanya orang-orang munafik terhadap kaum Muslimin di setiap masa.
  • Anjuran untuk mereka yang paling berhak memegang kekuasaan itu mereka yang paling mengerti Al-Qur’an

39. Sujud syukur kepada Allah merupakan ibadah yang disyariatkan. Hal ini juga dimanifestasikan di masa Rasulullah Saw. dan para sahabat. Manakah peristiwa di bawah yang bukan merupakan sujud syukur yang dipraktikkan oleh para sahabat secara langsung.. (604)

  • Abu Bakar Ash-Shiddiq bersujud ketika mendengar berita Musailamah Al-Kadzdzab terbunuh
  • Ali bin Abi Thalib r.a. bersujud setelah mendengar berita Dza Al-tsadiyah, termasuk kalangan Khawarij terbunuh
  • Amr bin Al-Ash bersujud setelah dirinya diangkat menjadi gubernur di Mesir
  • Ka’b bin Malik yang bersujud setelah mendengar tobatnya diterima.

40. Berikut ini manakah pernyataan yang tepat berkaitan dengan Umrah Al-Qadha? (486)

  • Pada Dzul Qa’dah tahun kedelapan hijriah, Rasulullah Saw. berangkat dari Madinah menuju Makkah. Karena pada tahun ketujuh hijriah beliau dan para sahabat ditolak masuk ke Mekkah oleh orang-orang musyrik
  • Umrah Al-Qadha merupakan semacam pendahuluan bagi penaklukan dan kemenangan besar yang terjadi setelah itu.
  • Umrah Al-Qadha merupakan pelunasan janji oleh Allah kepada Rasulullah Saw. dan para sahabatnya bahwa mereka akan menaklukan Mekkah di tahun itu juga.
  • Jumlah sahabat yang ikut melaksanakan Umrah bersama Rasulullah Saw. mencapai empat ribu orang.

41. Dalam peristiwa pengiriman beberapa surat Rasulullah Saw. kepada raja-raja dan penguasa di sekitar semenanjung Arab kala itu, kita dapat menggali beberapa dalil dan hukum. Manakah pernyataan di bawah ini yang bukan termasuk ke dalamnya? (482)

  • Dari sikap Heraklius dan para pengikutnya yang mengaku sebagai penganut agama Isa a.s., kita dapat mengetahui kesombongan mereka terhadap kebenaran dan keterperosokan mereka di dalam kebatilan sebagaimana banyak dilakukan kalangan Ahli Kitab
  • Tindakan Rasulullah Saw. mengenai cincin segel yang terbuat dari perak menjadi dalil akan diperbolehkannya umat Islam untuk memakai cincin perak.
  • Dengan memperhatikan waktu pengiriman keenam utusan oleh Rasulullah Saw. untuk menyampaikan suratnya kepada raja-raja dan penguasa, menunjukkan bahwa umat Islam terlebih dahulu wajib berdakwah antarkalangan mereka sendiri.
  • Salah satu persiapan terpenting untuk berdakwah adalah keberanian dan kerelaan untuk menerima resiko.

42. Yang tidak termasuk hikmah dari perintah Rasulullah agar pasukan muslim mengejar pasukan musyrik selepas kekalahan sementara di Bukit Uhud seperti dijelaskan penulis adalah

  • menunjukkan pada kaum musyrikin dan juga kepada dunia bahwa kalah tidak berarti menyerah
  • Allah hendak menjadikan seluruh rangkaian peristiwa Uhud sebagai pelajaran penting bagi kaum Muslim yang menghimpun sisi- sisi negatif sekaligus sisi-sisi positif dalam waktu bersamaan.
  •  pedihnya kekalahan dan perihnya luka yang dialami pasukan Muslim tidak menghalangi mereka untuk bangkit dan akhirnya merebut kemenangan
  • dakwah Islam dan menunjukkan kebenaran beserta hukum-hukumnya kepada orang lain adalah tanggung jawab yang harus dipikul oleh seluruh kaum Muslim

43. Jawaban Zaid bin Ad-Datsinah kepada Abu Sufyan sesaat sebelum ia dieksekusi dalam tragedi Raji’ “‘Demi Allah, aku bahkan tidak rela bila saat ini Muhammad Saw. terkena sebuah duri, sementara aku hanya duduk santai bersama keluargaku.” menunjukkan kepada kita:

  • manisnya iman
  • keberanian
  • kepahlawanan
  • karamah para sahabat

44. Jawaban yang tepat untuk mengisi titik-titik di bawah ini adalah:
i) Surat yang sepenuhnya diturunkan karena peristiwa pengkhianatan Bani Nadhir adalah…
ii) Dua sahabat anshar yang mendapat pembagian harta yang ditinggalkan Bani Nadhir salah satunya adalah…

  • al Hasyr & Sahl bin Hanif
  • al Fath & Sahl bin Hanif
  • al Maidah & Abu Dujanah Simak bin Kharsyah
  • al Hijr & Abu Dujanah Simak bin Kharsyah

45. Sayyidina Umar bin Khattab menunjuk enam sahabat besar untuk mengurus perkara kepemimpinan setelah dirinya benar-benar mangkat. Keenam sahabat utama itulah yang kemudian dikenal dengan Ahl asy-Syûrâ. Yang tidak termasuk dalam keenam sahabat utama itu adalah:

  • Utsman bin Affan r.a., Ali bin Abi Thalib r.a., Thalhah bin Ubaidillah r.a.,
  •  Zubair bin Awwam r.a., Sa’d bin Abi Waqqash r.a., dan Abdurrahman bin Auf r.a.
  • Thalhah bin Ubaidillah r.a, Zubair bin Awwam r.a., Sa’d bin Abi Waqqash r.a.
  • Zubair bin Awwan r.a., Saad bin Abi Waqqas r.a., Said bin Zaid r.a.

46. Perhatikan pernyataan berikut ini!
i) Keberatan para sahabat terhadap Utsman merupakan penanggulangan masalah yang sedang berlangsung dan masih memungkinkan untuk diubah serta diperbaiki.
ii) kenyataan tersebut sama-sama termasuk di antara fakta-fakta sejarah yang tak sepatutnya terlupakan oleh kenyataan lainnya
iii) perbincangan kita sendiri zaman sekarang, sementara masalah itu sudah berlalu dan telah menjadi salah satu peristiwa bersejarah, tak lain adalah kelancangan murahan terhadap para sahabat yang telah disanjung Rasulullah Saw
iv) Hendaklah perjalanan hidupnya ini menjadi teladan terbaik bagi kita sekaligus bukti utama yang mengungkapkan kejujuran cinta kita kepadanya

Yang termasuk perbedaan antara kritik kita dengan kritik para sahabat kepada kebijakan Sayyidina Usman adalah:

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • iv saja

47. Lantas, dia bersabda, ‘Wahai …, ingatlah, demi Allah, engkau benar-benar akan memeranginya dalam keadaan menzaliminya?’” Kepada Ali, ….. menjawab, “Ya. Demi Allah, aku sudah lupa itu sejak aku mendengarnya dari Rasulullah. Aku baru ingat lagi sekarang. Demi Allah, aku takkan memerangimu lagi, selamanya.” ….. mengendarai hewan tunggangannya pulang dan membelah barisan.

Nama sahabat yang cocok mengisi titik-titik tersebut adalah:

  • Al-Qa’qa’ bin Amr
  • Zubair bin Awwam
  • Thalhah bin Ubaidillah
  • Muawiyah bin Abu Sufyan

48. Penyebab meletusnya perang jamal secara hakikat adalah:

  • Aisyah, Thalhah, Az-Zubair, dan orang-orang yang bersama mereka sangat menginginkan agar pelaksanaan kisas terhadap para pembunuh itu menjadi prioritas utama
  • Ali memandang pekerjaan pertama harus dimulai dengan pemantapan urusan pemerintahan dan pemulihan ketertiban
  • Tipu daya Abdullah bin Saba` dan kroni-kroninya bersepakat untuk mengobarkan peperangan di tengah malam yang pekat
  • Muawiyah berpendapat bahwa baiat bagi Ali tidak sah karena para sahabat yang tergolong ahlul-hal wal-’aqd masih terpencar-pencar di berbagai daerah

49. Nama sahabat ashar yang menjadi petugas piket berjaga di mala hari ketika peristiwa Dzatur Riqa terjadi adalah:

  • Ammar bin Yasir
  • Abbad bin Bisyr
  • Miqdad bin Amr
  • Usaid bin Hudair

50. Di antara hikmah yang dijelaskan penulis terkait peristiwa Dzat ar Riqa adalah:
i) disyariatkannya salat khauf
ii) Rasulullah Saw. tidak tersentuh oleh tangan orangorang yang mencoba membunuhnya dan “membunuh” dakwah Islam yang beliau diutus untuk menyampaikannya
iii) kelembutan bergaul, kesantunan bertutur kata, dan kejenakaan manis yang diperagakan Rasulullah Saw. bersama para sahabat
iv) Ketentuan pembagian ganimah bagi pasukan yang ikut berperang

  • i & iii
  • ii & iv
  • i, ii, iii
  • semua jawaban benar

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist

Tanya Admin
Hallo,
Ada yang bisa kami bantu?